Latest News

Yang Perlu Diketahui Tentang Kredit Usaha Rakyat

kredit usaha rakyat, kur, kesuksesan hidup, kreditaja.com
Bagaimana caranya agar dapat mengajukan penyaluran kredit usaha rakyat yang berasal dari pemerintah? Pertanyaan seperti itu memang telah sering kita dengar dan menjadi perbincangan yang hangat di tengah-tengah masyarakat. Tidak sedikit dari sebagian besar orang merasa kebingungan dalam mendapatkan kredit usaha rakyat tersebut, tidak dapat dipungkiri, memang sungguh banyak orang yang membutuhkan jenis kredit ini.

Kredit usaha rakyat atau bisa disingkat dengan KUR memang adalah kredit untuk modal kerja yang ditujukan kepada usaha mikro, kecil, menengah, maupun koperasi. Kredit dari pemerintah tersebut juga memiliki plafon kredit hingga 500 juta rupiah. Adapun tujuan dari KUR tersebut adalah untuk mengembangkan usaha yang produktif demi kesuksesan hidup anda.

Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang mengalami kesulitan dalam hal tersebut terlepas dari itu, mereka akhirnya putus asa dan tidak mampu berusaha apa-apa lagi. Hal seperti itu tentunya tidak Anda inginkan bukan jika anda menjadi pihak yang mengajukannya?

Lalu bagaimana cara mengajukannya? Berikut ini adalah beberapa tips dalam mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat tersebut sehingga anda tidak perlu lagi khawatir dalam mengembangkan usaha yang ingin Anda jalankan.
  1. Anda harus memastikan bahwa usaha yang Anda kelola termasuk usaha yang prduktif. Misalnya seperti usaha kerajinan, salon kecantikan, rumah makan, percetakan, dan yang lainnya
  2. Anda juga harus menyiapkan dokumen untuk mendapat pinjaman kredit usaha rakyat tersebut. Dokumen yang dibutuhkan seperti identitas diri ktp, kartu keluarga, proposal usaha, surat keterangan domisili, legalitas usaha, SIUP, TDP, laporan keuangan dan lain sebagainya jika diminta surat tambahan yang diajukan oleh bank.
  3. Anda juga perlu mendatangi bank terdekat yang dapat menyalurkan kredit usaha rakyat tersebut seperti BRI atau Bank Rakyat Indonesia, BNI atau Bank Nasional Indonesia, BTN atau Bank Tabungan Negara, Bank Bukopin, Bank Mandiri,BNI Syariah, BSM atau Bank Syariah Mandiri, dan yang lainnya. Anda juga harus mendapatkan info tentang kejelasan cara mendapatkan penyaluran KUR tersebut.
  4. Anda perlu mengikuti prosedur atau langkah-langkah dalam mendapatkan kredit usaha rakyat tersebut dan menyerahkan surat permohonan KUR itu. Setelah itu serahkan pula dokumen- dokumen yang diperlukan untuk mengajukan KUR tersebut pada kepada pihak bank.
  5. Selanjutnya, bank akan memberi penilaian apakah pengajuan KUR yang Anda ajukan layak atau tidak. Biasanya akan dilakukan survey terhadap usaha yang Anda kelola. Bila dinilai telah memenuhi syarat, maka pengajuan kredit Anda pun akan disetujui.

Terkadang, bisa saja ada beberapa hal yang terjadi di luar rencana, agar pengajuan kredit tersebut dapat berjalan lancar, Anda perlu mengikuti beberapa tips tambahan berikut ini.
  • Anda harus memastikan bahwa Anda sedang tidak mendapatkan kredit usaha rakyat dari bank lainnya 
  • Anda juga harus memastikan bahwa usaha Anda telah berjalan minimal enam bulan, jadi, bukan masih berada di dalam tahap rencana. Hal tersebut dapat memperkuat Anda ketika disurvey oleh pihak bank. 
  • Anda harus memastikan usaha yang Anda kelola sehat. Yang berarti bahwa usaha yang Anda kelola dapat meraih untung dan tidak malah rugi. Berdasarkan laporan keungan tersebut, sehat atau tidaknya usaha Anda akan kelihatan. 
  • Yang terakhir adalah Anda juga harus menyiapkan agunan. Memang biasanya tanpa menggunakan agunan atau jaminan. Namun hal itu sebagai langkah antisipasi karena terkadang ada beberapa bank yang membutuhkan agunan sebagai jaminan kredit.

0 Response to "Yang Perlu Diketahui Tentang Kredit Usaha Rakyat"

share your opini, don't worry.. because you free to say anything