Hati-hati cracker sedang gencar menyebarkan serangan

Belakangan ini saya dengar isu lagi maraknya bertebaran ulah cracker yang jahil, ntah lokal atau luar namun yang pasti kita harus tetap waspada. Dan kebetulan tadi pagi saya sempet di kagetkan dengan sebuah email yang masuk dan memberitahukan bahwa akun paypal saya ada masalah.. Cek dan ricek ternyata ini hanya email palsu yang di sebarkan oleh cracker belakangan ini. Untung aja belom di klik link yang mengarah ke jurang kehancuran itu.. Tah kalau ini terjadi dan kita berlagak polos dan dengan PeDe-nya meng-klik link tersebut maka raib sudah semua data data password email maupun akun lain karena si cracker menyebarkan sebuah malware yang bisa merekam kegiatan komputer anda.


Salah satu korban yang di hack account paypal adalah temen saya di forum.. berikut screenshot yang dilakukan si cracker untuk mengambil $$ didalamnya..

1. Si Cracker mencoba untuk men-transfer dana ke account paypalnya, namun usaha tersebut digagalkan oleh owner paypal (temen saya)



2. Si cracker mencoba Withdraw PayPal ke account BCA dia, tapi gagal karena nama di account bank nya gak sama dengan no rekening-nya



3. Dia mencoba lagi transfer dana ke PayPal dia yang lain, tapi akhirnya bisa ditarik lagi dengan bantuan CS Paypal





Melihat kejadian tersebut kita bisa membayangkan bahwa hal ini tentu tak ingin terjadi di akun kita sendiri... iya kan ? Nah maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui beberapa hal :


1. update password tiap satu bulan atau kalo tidak repot dua minggu sekali.

2. catat pertanyaan pengaman di buku rahasia, ini penting kalo nanti gagal login dan yahoo minta verifikasi.

3. tambahkan account alternative di account utama, 2 atau 3 sudah cukup untuk mengcover cracker yang jahil

4. awas pishing, so pasang segel supaya tau kita berada di tempat yang benar.

5. awas spam yang ngasih link, sekali klik malware masuk dan apapun pasword yang kamu ketik pasti terekam sama virus dan akhirnya dikirim ke cracker.

6. pakai password manager ---> lastpass.com (online storage) ini untuk fight keylogger, kita bahkan nggak pernah copas username dan password!

7. Pakai Google Chrome, brower ini adalah satu-satunya browser yang tahan serangan hacker selama kompetisi hack PWN2OWN 2 tahun berturut-turut, browser lainnya bisa dibobol dalam hitungan jam. (PWN2OWN adalah lomba hacking browser, yang kalau bisa mbobol dapat hadiah uang besar plus komputernya boleh dibawa pulang, coba kamu googling...)

8. pakai Linux, dijamin aman, nggak ada yang namanya malware bisa masuk ke kompi.

9. Yang terakhir, kenali situs asli dan situs phising.. ini butuh latihan, tapi penting.


Article Resource : http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php/39335-Hati-hati-Cracker-Sedang-Berkliaran-Mencuri-Data-Password-Email-Anda/



No comments

share your opini, don't worry.. because you free to say anything